GKMI

9/29/2022

Pembaharuan Rohani

Ratapan 3:40 - “Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita, dan berpaling kepada TUHAN."

Seperti yang terkadang terjadi pada mazmur ratapan/keluhan, penyair Ratapan 3 juga tergerak untuk berbicara tentang pertobatan kepada Yerusalem. Mengapa? Karena, pada masa itu Yerusalem mengalami kehancuran di tangan Babel akibat keberdosaan mereka di hadapan Tuhan.

Di tengah kehancuran, penyair memanggil seluruh umat Yerusalem untuk melakukan pembaruan rohani, sehingga di ayat 40 penyair mengajak seluruh umat untuk “menyelidiki, memeriksa hidup dan kembali kepada TUHAN.” Semua pertobatan sejati harus dimulai dengan pengakuan akan dosa, menyelidiki, memeriksa hidup kita dan kembali kepada Tuhan.

Dari hal ini kita diajak mulai detik ini mari kita bersama-sama menyelidiki kembali hati kita masing-masing, memeriksa hidup kita apakah sudah sungguh-sungguh di dalam Yesus dan kembali menomor satukan TUHAN di dalam hidup kita.

Akhir kata, dari pada menggerutu melawan Tuhan, marilah kita menyelidiki dan memeriksa perilaku kita untuk mencari penyebab ketidaksenangan Tuhan dan kemalangan kita untuk memperbaikinya. Amin, Soli Deo Gloria.


Pembacaan GEMA PL hari ini:

Yes. 57-59


Pokok Doa:

1. Terus doakan PIPKA, kiranya Tuhan Yesus memampukan mereka untuk melayani Tuhan Yesus melalui pemberitaan Injil dan pelayanan kasih bagi sesama.

Bagikan

Lainnya