GKMI

11/14/2022

Dipanggil Untuk Melayani

1 Petrus 4:1-2 - "Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, -- karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa -- supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah."

Setelah beroleh keselamatan secara cuma-cuma dari Tuhan, ada bagian yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai umat tebusan-Nya yaitu dengan melibatkan diri dalam pelayanan pekerjaan Tuhan. Ada dua kata kunci bagi setiap orang Kristen yaitu “Marilah dan Pergilah”.

Tuhan berkata, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu" (Mat 11:28), dan juga "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,"(Mat 28:19). Jadi kita dipanggil bukan hanya untuk menerima anugerah keselamatan, tetapi juga untuk melaksanakan amanat agung-Nya, yaitu: pergi dan menghasilkan buah.

Kita memiliki tugas menjangkau jiwa bagi kerajaan Allah. Inilah undangan Yesus kepada setiap orang percaya, "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." (Mat 4:19). Mengapa kita harus melayani?

Pertama, karena Tuhan Yesus telah terlebih dahulu memberikan teladan hidup kepada kita yaitu "...sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."(Mat 20:28). Sebagai pengikut Kristus, kita harus hidup dengan mengikuti teladan-Nya.

Kedua, karena Tuhan telah memberikan talenta dan karunia kepada kita yang kesemuanya itu harus kita kembangkan dan maksimalkan. Jangan kita berlaku seperti hamba yang dipercayakan satu talenta dan menyembunyikan talentanya itu di dalam tanah. Ia tidak mau bekerja dan berkarya bagi Tuannya, akhirnya hamba itu pun harus menanggung akibatnya (Mat 25:30).

Jika kita tidak berbuat apa-apa bagi kerajaan Allah, kita bersikap sama seperti hamba yang jahat, malas dan tidak berguna. Dosanya tidak terletak pada apa yang dilakukannya, melainkan pada apa yang tidak dilakukannya, di mana ia telah menyia-nyiakan kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan oleh tuannya itu. Dalam Yakobus 4:17 kita juga diingatkan “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.”

Mari kita menggapi panggilan Tuhan dengan benar, dengan melayani DIA. amin.


Pembacaan GEMA PL hari ini:

Yeh 29-30


Pokok Doa:

1. Doakan untuk penanganan peningkatan kasus covid 19 yg akhir-akhir ini terjadi, mohonlah hikmat dari Tuhan Yesus agar setiap kita mempraktekkan prokes dgn ketat.

Bagikan

Lainnya